Di bawah ini yang perlu di perhatikan gambaran kerja steward atau job description dan pembagian kerja pada Divisi steward yang sudah di tentukan area mana di tempatkan. Jam kerja mengikuti aturan berlaku di setiap hotel, restoran dan cafe. Minimal jam kerja sampai 8 jam dan 1 jam istirahat. Lingkungan kerja pada umum nya di bagi beberapa shift, lain halnya hotel bintang 5 di bagi sampai 3 shift termasuk pagi, siang dan malam.
Stewarding Departement merupakan salah satu departement yang paling penting dari divisi F&B. Stewarding bertanggung jawab untuk penyedian, pengontrolan, perawatan, pencucian, kebersihan dan juga penyimpanan alat-lat termasuk peralatan makan, piring, gelas dan sebagai nya yang di butuhkan oleh restoran, layanan kamar, bar dan perjamuan. Steward juga bertanggung jawab untuk kebersihan semua area F&B, begitu juga menjaga sanitasi untuk dapur dan pantry. Tanpa stewarding yang efisien divisi F&B tidak bisa beroperasi dengan tata cara yang di harapkan bagi tamu.
Gambaran kerja steward
1. Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan
2. Memakai seragam kerja (uniform) sebelum absen masuk
3. Berkumpul untuk pembagian job assigment / mendengar perintah atasan (brieffing)
4. Menjaga sikap sopan, di siplin, berpenampilan rapih dan perilaku terhadap atasan dan sesama karyawan.
5. Membersihkan area : ( Area steward, kitchen, bar, pantry, dan store ) juga merawat serta memelihara equipment dan mesin.
6. Menjaga dari hygiene dan sanitation
7. Memberikan laporan kepada atasan setelah selesai bekerja dan apabila mendapatkan suatu masalah.
8. Menyimpan semua equipment ke tempat khusus dengan kondisi bersih rapih.
9. Memberikan informasi kepada shift berikut nya tentang masalah pekerjaan.
Tanggung jawab sebagai steward
1. Menjaga kebersihan area steward, kitchen, bar, store, kantin dan pantry (Area bagian belakang) juga merawat dan memelihara Equipment (Peralatan dan perlengkapan) termasuk mesin dishwasher.
2. Memperhatikan terhadap kebersihan dan sanitasi terhadap peralatan
3. Bertanggung jawab terhadap operational yang sedang berjalan.
4. Menangani terhadap komplain yang menyangkut dengan stewarding.
5. Membuat laporan tentang parstock equipment yang di gunakan juga membuat laporan tentang lost and breakage ke supervisor.
Ruang Lingkup Departement Stewarding
Stewaring berada di bagian belakang ( Back Area ) Yang berhubungan langsung dengan kitchen, maka bagian stewarding itu sendiri harus bekerjasama yang baik dengan kitchen karena sangat berpengaruh sekali terhadap berjalannya operasional food and beverage.
* Arti dari stewaring itu sendiri adalah : Bagaimana cara mengoperasikan, mencuci, membersihkan area, merawat serta memelihara equipment dan mesin pencucian piring.
* Definisi dari stewarding adalah : Suatu oraganisasi yang masuk kepada suatu departement food and beverage yang berada di belakang dalam suatu hotel/industry.
* Stewarding secara struktur organsasi : suatu departement yang di kepalai oleh seorang Chief steward di bantu oleh Asst. Chief, supervisor dan staff steward.
Fungsi Departement Stewarding
Fungsi dari stewarding sendiri mensuplai bahan / material yang di sertai dengan kebersihan tempat kerja yang mana di laksanakan secara teratur dan cara pemakaian chemical secara ekonomis.
Pelayanan yang di berikan stewarding dapat di bagi dalam bagian :
* Kebersihan dari bahan / material dan peralatan
Stewarding bertanggung jawab untuk tingkat kebesihan dan sanitasi untuk semua bahan peralatan F&B seperti : Glassware, Crockery, Cutleries, Kompor, Oven dan sebagai nya.
* Perawatan dari bahan dan peralatan
Stewarding bertanggung jawab merawat dan menjaga semua material dan peralatan F&B dalam konisi baik dan siap di gunakan.
* Suplai dan control dari bahan dan peralatan
Stewarding bertanggung jawab atas kesedian barang / bahan yang di minta staff kitchen harus selalu siap berada di tangan operasional.
Tujuan dari departement stewarding
1. Untuk mengidentifikasi peranan dan fungsi penting dari departement stewarding itu sendiri dalam sebuah operasional perhotelan / Entertainment.
2. Untuk menekan terjadi nya kehilangan dan kerusakan bahan dan peralatan.
3. Untuk merawat bahan dan peralatan operasional yang di butuhkan F&B outlet.
4. Untuk merawat persediaan peralatan operasi dan mengkoordinasi inventory barang.
5. Bertanggung jawab untuk menjaga semua bahan dan peralatan F&B tetap bersih dalam kondisi baik dan bisa di pergunakan.
6. Untuk mensuplai dan mengontrol bahan dan peralatan sesuai dengan permintaan dari F&B outlet dan dapur. Sehingga jumlah keseluruhan dari bahan dan peralatan yang penting untuk operasi selalu siap tersedia.
7. Untuk mengontrol bahan-bahan chemical untuk kebersihan.
Bagian - bagian di Stewarding
1. iswasher : Staff yang bertugas pada pencucian jenis equipment glassware chinaware, cutleries dan sebagai nya yang di gunakan pada operasional dengan memperhatikan standard kebersihan & sanitasi dari barang, peralatan dan area dapur / area belakang F&B service.
2. Potwasher : Staff yang bertugas menyiapkan 3 bucket system untuk pencucian potpan atau peralatan kitchen.
3. Store man : Staff yang bertugas menjaga , merawat dan mengecek keluar masuk nya equipment / mesin yang ada di dalam store , juga menjaga kerapihan penempatan equipment dan selalu menjaga kebersihan store.
4. Cleaner : Staff yang bertugas membersihkan area ( corridor, bar, kitchen, kantin dan pantry )
5. Garbag man : Staff yang bertugas untuk memberihan area loding dock serta mengkolek sampah-sampah kitchen ataupun outlet sekitar F&B
Stewarding Departement merupakan salah satu departement yang paling penting dari divisi F&B. Stewarding bertanggung jawab untuk penyedian, pengontrolan, perawatan, pencucian, kebersihan dan juga penyimpanan alat-lat termasuk peralatan makan, piring, gelas dan sebagai nya yang di butuhkan oleh restoran, layanan kamar, bar dan perjamuan. Steward juga bertanggung jawab untuk kebersihan semua area F&B, begitu juga menjaga sanitasi untuk dapur dan pantry. Tanpa stewarding yang efisien divisi F&B tidak bisa beroperasi dengan tata cara yang di harapkan bagi tamu.
Gambaran kerja steward
1. Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan
2. Memakai seragam kerja (uniform) sebelum absen masuk
3. Berkumpul untuk pembagian job assigment / mendengar perintah atasan (brieffing)
4. Menjaga sikap sopan, di siplin, berpenampilan rapih dan perilaku terhadap atasan dan sesama karyawan.
5. Membersihkan area : ( Area steward, kitchen, bar, pantry, dan store ) juga merawat serta memelihara equipment dan mesin.
6. Menjaga dari hygiene dan sanitation
7. Memberikan laporan kepada atasan setelah selesai bekerja dan apabila mendapatkan suatu masalah.
8. Menyimpan semua equipment ke tempat khusus dengan kondisi bersih rapih.
9. Memberikan informasi kepada shift berikut nya tentang masalah pekerjaan.
Tanggung jawab sebagai steward
1. Menjaga kebersihan area steward, kitchen, bar, store, kantin dan pantry (Area bagian belakang) juga merawat dan memelihara Equipment (Peralatan dan perlengkapan) termasuk mesin dishwasher.
2. Memperhatikan terhadap kebersihan dan sanitasi terhadap peralatan
3. Bertanggung jawab terhadap operational yang sedang berjalan.
4. Menangani terhadap komplain yang menyangkut dengan stewarding.
5. Membuat laporan tentang parstock equipment yang di gunakan juga membuat laporan tentang lost and breakage ke supervisor.
Ruang Lingkup Departement Stewarding
Stewaring berada di bagian belakang ( Back Area ) Yang berhubungan langsung dengan kitchen, maka bagian stewarding itu sendiri harus bekerjasama yang baik dengan kitchen karena sangat berpengaruh sekali terhadap berjalannya operasional food and beverage.
* Arti dari stewaring itu sendiri adalah : Bagaimana cara mengoperasikan, mencuci, membersihkan area, merawat serta memelihara equipment dan mesin pencucian piring.
* Definisi dari stewarding adalah : Suatu oraganisasi yang masuk kepada suatu departement food and beverage yang berada di belakang dalam suatu hotel/industry.
* Stewarding secara struktur organsasi : suatu departement yang di kepalai oleh seorang Chief steward di bantu oleh Asst. Chief, supervisor dan staff steward.
Fungsi Departement Stewarding
Fungsi dari stewarding sendiri mensuplai bahan / material yang di sertai dengan kebersihan tempat kerja yang mana di laksanakan secara teratur dan cara pemakaian chemical secara ekonomis.
Pelayanan yang di berikan stewarding dapat di bagi dalam bagian :
* Kebersihan dari bahan / material dan peralatan
Stewarding bertanggung jawab untuk tingkat kebesihan dan sanitasi untuk semua bahan peralatan F&B seperti : Glassware, Crockery, Cutleries, Kompor, Oven dan sebagai nya.
* Perawatan dari bahan dan peralatan
Stewarding bertanggung jawab merawat dan menjaga semua material dan peralatan F&B dalam konisi baik dan siap di gunakan.
* Suplai dan control dari bahan dan peralatan
Stewarding bertanggung jawab atas kesedian barang / bahan yang di minta staff kitchen harus selalu siap berada di tangan operasional.
Tujuan dari departement stewarding
1. Untuk mengidentifikasi peranan dan fungsi penting dari departement stewarding itu sendiri dalam sebuah operasional perhotelan / Entertainment.
2. Untuk menekan terjadi nya kehilangan dan kerusakan bahan dan peralatan.
3. Untuk merawat bahan dan peralatan operasional yang di butuhkan F&B outlet.
4. Untuk merawat persediaan peralatan operasi dan mengkoordinasi inventory barang.
5. Bertanggung jawab untuk menjaga semua bahan dan peralatan F&B tetap bersih dalam kondisi baik dan bisa di pergunakan.
6. Untuk mensuplai dan mengontrol bahan dan peralatan sesuai dengan permintaan dari F&B outlet dan dapur. Sehingga jumlah keseluruhan dari bahan dan peralatan yang penting untuk operasi selalu siap tersedia.
7. Untuk mengontrol bahan-bahan chemical untuk kebersihan.
Bagian - bagian di Stewarding
1. iswasher : Staff yang bertugas pada pencucian jenis equipment glassware chinaware, cutleries dan sebagai nya yang di gunakan pada operasional dengan memperhatikan standard kebersihan & sanitasi dari barang, peralatan dan area dapur / area belakang F&B service.
2. Potwasher : Staff yang bertugas menyiapkan 3 bucket system untuk pencucian potpan atau peralatan kitchen.
3. Store man : Staff yang bertugas menjaga , merawat dan mengecek keluar masuk nya equipment / mesin yang ada di dalam store , juga menjaga kerapihan penempatan equipment dan selalu menjaga kebersihan store.
4. Cleaner : Staff yang bertugas membersihkan area ( corridor, bar, kitchen, kantin dan pantry )
5. Garbag man : Staff yang bertugas untuk memberihan area loding dock serta mengkolek sampah-sampah kitchen ataupun outlet sekitar F&B
0 komentar:
Posting Komentar