Mengenalkan industri kerja di bidang Steward /dishwasher banyak batasan tertentu dan jarang sekali mengetahui kecuali seorang pekerja hotel dan restoran besar. Sebagian besar hotel dan restoran banyak menggunakan pekerja nya khusus di bidang steward. Di blog ini akan di jelaskan berbagai informasi khusus tentang steward dan sebelum nya kenali cara kerja nya.
Steward sendiri mempunyai arti pelayan di bawah naungan Divisi FnB ( Food and Beverage ) lebih tepat nya khusus kebersihan di lingkungan kitchen dan pencucian perlengkapan memasak dan berbagai cuttleries. Divisi Steward sendiri banyak di temui pada industri perhotelan untuk menggunakan jasa pelayanannya. Jika di tempat perhotelan berbintang 5 biasa nya cakupan kerja bisa di bagi pada area tertentu di lihat dari kapasitas ruang besar dan kecil nya. 

Hotel hotel besar atau kecil jika hotel tersebut independen dikelola (mengelola hotel dengan nama yang berbeda dan membayar biaya untuk menggunakan nama) dalam hal jumlah kamar dan jumlah restoran dan membatasi jumlah karyawan serta jumlah jabatan dan posisi karyawan yang bekerja di sana. Aktivitas utama dan dasar dari sebuah hotel atau resort adalah penyediaan kamar, makanan dan minuman untuk tamu (pelanggan).

Dengan perkembangan saat ini hotel-hotel masih terus di bangun dengan pangsa pasar yang sesuai selera dengan kantong konsumen terutama dengan harga yang terjangkau dengan memiliki fasilitas ruang tempat tidur yang nyaman dan menu sajian makanan yang nikmat, biasa nya yang di cari menurut kelas tertentu dengan fasilitas bintang 3 sudah cukup nyaman. dalam waktu menginap 1 minggu atau 1 hari pun semua aktifitas pekerjaan di luar kota sudah memberikan kemudahan untuk tinggal sementara.

Ruang lingkup perhotelan pada umum nya terdiri dari beberapa departemen :

Departemen operasional utama sebuah hotel adalah departemen front office, departemen rumah tangga, departemen layanan makanan dan minuman dan departemen produksi makanan (dapur).

Bagian Front Office dan House Keeping juga disebut sebagai departemen Divisi Kamar/room boy.

Departemen Front Office mengurus pemesanan untuk tamu: untuk tamu yang ingin menginap di hotel, itu juga masalah mendaftarkan tamu di hotel, mengajukan pertanyaan kepada tamu dan keluhan selama menginap di hotel dan di sekitar pengumpulan akhir pembayaran tamu ketika tamu akhirnya meninggalkan hotel.

Di hotel yang lebih kecil, departemen front office disebut resepsionis.

Resepsionis, staf tamu, kasir, dan manajer kantor depan semuanya adalah bagian dari departemen ini.

Departemen operasional kedua, yang terkait erat dengan departemen front office, adalah departemen dalam negeri, yang bertanggung jawab untuk membersihkan kamar dan ruang publik (restoran, bar, ruang konferensi, ruang dansa ballroom, dll.).

Di hotel menengah hingga besar, departemen kebersihan juga menawarkan fasilitas binatu untuk seprai, handuk, sarung bantal, dll., Pakaian untuk tamu (dikenakan biaya) dan seragam untuk staf. Fungsi ini biasanya dialihdayakan di hotel-hotel kecil.

Di hotel-hotel kecil itu hanya dikenal sebagai bantuan rumah.

Housekeeping, Housekeeping, Supervisor Laundry dan Executive House Keeper adalah bagian dari departemen ini.

Departemen operasional ketiga adalah departemen Layanan Makanan dan Minuman, yang menampung semua restoran, bar, ruang pertemuan. Hotel ini juga menawarkan layanan kamar.

Pelayan, bartender, manajer restoran, manajer bar, manajer layanan kamar, manajer jamuan dan manajer makanan dan minuman adalah bagian dari departemen ini.

Departemen ini berurusan dengan layanan makanan dan minuman untuk tamu dan kemudian mengumpulkan pembayaran dari tamu.

Departemen operasi keempat hotel adalah departemen produksi makanan atau dapur. Mereka memasak makanan untuk para tamu di restoran, bar, layanan kamar, konferensi, acara, dan pernikahan.

koki, komis, chef de pesta, dan koki, steward adalah bagian dari departemen ini.

Selain empat departemen utama yang disebutkan di atas, ada beberapa departemen tambahan kecil yang berkontribusi pada berfungsinya sebuah hotel.

Mereka:

Departemen akuntansi: transaksi dengan uang hotel: semua kwitansi dan pembayaran uang. Periksa apakah semuanya telah dipesan dan tidak ada pencurian. Membayar gaji kepada karyawan, pembayaran kepada pemasok dan menangani buku pajak untuk tujuan bisnis. Mereka juga melakukan hal-hal secara teratur.